Minggu, November 23, 2008

IG : Ada Upaya Mengganti Kajari Nunukan

NUNUKAN- Upaya ‘pembersihan’ yang dilakukan Kepala Kejaksaan Negeri Nunukan, H Suleman Hadjarati SH MH, ternyata tak membuat semua pihak di Nunukan merasa puas.
LSM Indonesian Guard (IG) Jakarta, mensinyalir, ada sejumlah oknum di Nunukan, yang berupaya menggantikan Suleman dari tampuk pimpinan tertinggi di Kejari Nunukan.
Koordinator LSM IG, A Rahmad Kusuma mengatakan, pihak-pihak itu sedang menyusun strategi dengan mengumpulkan bukti-bukti yang akan dibawa ke kejaksaan agung, sebagai dasar untuk meminta Suleman diganti.
“Orang-orang ini ternyata punya jaringan yang kuat di tubuh Kejaksaan Agung. Dan upaya yang sedang mereka lakukan saat ini, sinyalnya sudah ditangkap teman-teman kita di Kejagung, yang masih kukuh menegakkan hukum. Nah teman-teman ini yang kita anggap ‘Jaksa Putih’,”kata Rahmad melalui telepon selulernya kemarin.
Menurut Rahmad, langkah Suleman yang mulai menyentuh bagian-bagin ‘sensitif’ di pemerintah daerah, merupakan sumber masalah yang menyebabkan oknum-oknum ini melakukan cara kotor untuk mengganti Kajari.
“Tujuannya kan jelas, begitu pak Suleman diganti, penyelesaian kasus-kasus korupsi yang sedang berjalan bisa mandeg lagi,”ujarnya.
Sebab, dengan pimpinan yang baru, belum tentu Kajari dan jaksa di Nunukan bisa sefaham dalam penanganan kasus korupsi seperti yang telah dirintis Suleman.
“Pimpinan baru kan harus mulai dari nol lagi, harus memperlajari kasus itu dari awal lagi,”katanya.
Namun Rahmad berjanji, pihaknya tidak akan tinggal diam dengan langkah-langkah yang telah ditempuh oknum-oknum itu.
“Kami mendukung penuh upaya penegakan hukum oleh Kajari Nunukan. Dengan segala keterbatasannya IG akan mengawal jalannya proses penegakan hukum di Nunukan,”janjinya.
Menurut Rahmad, upaya hukum yang akan menggunkaan cara-cara kotor dalam menghambat proses penegakan hukum akan sia-sia.
“Karena Tuhan bersama kita,”ujarnya.(noe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Sampaikan Komentar Anda Terhadap Berita Ini