Rabu, November 26, 2008

Jangan Intervensi Kejaksaan

Desakan salah satu LSM di Nunukan agar penyidik segera menahan seluruh pejabat yang terlibat dalam panitia 9 pengadaan tanah, disikapi berbeda oleh ketua Pemuda Panca Marga (PPM) Kabupaten Nunukan, Ilham Zein.
Ilham yang juga ketua salah satu etnis di Nunukan mengatakan, tidak seharusnya orang atau lembaga mengintervensi tugas, peran dan tanggungjawab kejaksaan dalam suatu perkara.
“Kami sangat mendukung upaya penegakan hukum yang dilakukan Kejari Nunukan. Dan apa yang dilakukan saat ini, sudah pada porsi dan tetap pada jalur penegakkan law emporcemen. Jadi kita harus bisa melihat kasus ini dalam porsi dan mekanisme aspek hukumnya,”jelasnya.
Sebagai lembaga yang sudah ada sejak zaman kerajaan Majapahit, kata Ilham, kejaksaan mempunyai tugas untuk menjalankan kekuasaan negara di bidang hukum, baik sebagai penuntut, eksekutor maupun kekuasaan lain yang diberikan undang-undang.
Menurutnya, penetapan tingkatan perkara maupun status oknum yang dilakukan tim jaksa, sudah pada tataran dan mekanisme yang berlaku sejak dulu sampai pelaksanaan UU 16/2004.
“Jadi masyarakat harus percayakan segala output perkara itu, apapaun hasilnya. Kan kita tidak bisa menyamakan keterlibatan orang dalam tim, dengan perkara penangkapan kelompok perjudian. Keterlibatan dan peran seorang dalam tim 9 itu kan berbeda-beda,”jelasnya.
Ilham mengatakan, keterlibatan masing-masing pejabat itu dilihat sesuai keaktifan dan keterlibatannya pada tim yang diduga menyebabkan kerugian negara hingga Rp7 miliar itu.
Ilham berharap, masyarakat bisa menetralisir persoalan ini dalam bentuk percaya sepenuhnya kepada kejaksaan.
“Karena jaksa ini sebuah profesi dan tangggungjawab, jadi kita harus memahami kerja penyidik yang tahu betul apa yang harus dilakukannya. Mereka bekerja sesuai dengan amanat undang-undang yang menaunginya,”ujarnya.
Ilham maklum, jika sebagian masyarakat terlihat sangat tidak sabar menunggu hasil dari penyidikan tim 9 ini.
“Tapi yang harus diingat, dalam era reformasi ini sangat dituntut sikap-sikap percaya sepenuhnya kepada otoritas masing-masing,”ujarnya.(noe)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Sampaikan Komentar Anda Terhadap Berita Ini